Reformasi Kesehatan Sekolah (Mengatasi Maag)


                                                                                                           
KATA PENGANTAR
         Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa , berkat anugrah dan kasih karuniaNya , serta sekolah saya, SMA ADVENT MAKASSAR , akhirnya karya tulis ini dapat selesai dengan baik. Saya tumbuh dan dewasa di kota Makassar yangmerupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Sebagai seorang siswa Sekolah Menengah Atas , saya juga turut prihatin terhadap kesehatan dan gaya hidup seluruh warga sekolah saya yang kian memburuk.
        Selain itu, melihat begitu pesatnya perkembangan dan merajalelanya penyakit di seluruh dunia , menginspirasi dan mendorong rasa kepedulian saya untuk mulai memperhatikan kesehatan  di lingkungan saya , khususnya teman-teman dan guru-guru saya di sekolah.
        Mengetahui betapa berharganya kesehatan itu, membuat saya memiliki tekad yang bulat untuk menolong semampu saya dan  membuka pikiran serta menanamkan paradigma baru, tentang pentingnya reformasi kesehatan melalui gaya hidup sehat dan self healing.
         Seperti kata-kata bijak berikut, “Tidak ada kata terlambat untuk berubah”, percayalah bahwa masih ada kesempatan untuk merubah kebiasaan hidup yang salah dan menjaga kesehatan dari sekarang. Sebab apapun jua ,mencegah lebih baik daripada mengobati. Lagipula, dengan tubuh yang sehat kita dapat menjalani hidup dengan bahagia.
         Dengan diterbitkannya karya tulis ini, saya menghaturkan terima kasih kepada semua pihak terutama bagi kedua orang tua, guru-guru dan teman-teman saya yang telah membantu penulisan karya tulis ini, baik dalam hal tulisan dan lisan, dan baik dalam hal dorongan moral ataupun moril.
          Akhir kata, saya berharap agar karya tulis ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan berguna bagi kehidupan kita sekalian. Sebagaimana pepatah kuno berkata “Tak ada gading yang tak retak”, demikian juga karya tulis ini takkan luput dari kesalahan dan kekhilafan. Oleh karena itu, saran dan kritikan sangat saya harapkan.

Makassar, November 2010


Penulis


BAB 1
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Masalah :
             Dewasa ini, penyakit dengan bermacam-macam nama, berjenis-jenis bentuk, dan dengan akibat yang bervariasi kian menjamur dengan mudah dan cepatnya di seluruh dunia.
             Didukung dengan keadaan dunia yang kian memburuk karena global warming, polusi udara, eksploitasi alam serta banyak faktor lainnya seperti kesibukan dan kebiasaan makan minum yang salah yang telah menjadi gaya hidup, maka yang namanya “Sakit” takkan terelakkan.
              Apalagi di kota-kota besar, semua yang namanya fast food dan junk food, merokok, dan semua gaya hidup yang salah telah merajalela. Dan tentu saja, jika ini dibiarkan terus maka kita takkan menikmati hidup seutuhnya.
              Terlebih khusus bagi kaum pelajar, anak-anak, yang merupakan tunas dan harapan bangsa di masa depan. Di usia belia, seharusnya hidup para pelajar ini diisi dengan berbagai kegiatan,pembelajaran yang berarti dan berguna bagi masa depan mereka.
               Namun jangan sampai penyakit yang dikarenakan gaya hidup yang buruk membuat mereka kehilangan semua kesempatan dan arti hidup serta masa depan mereka. Sungguh mengerikan !
               Kesehatan dan vitalitas hidup sangatlah penting. Karenanya, reformasi kesehatan yang signifikan haruslah dilaksanakan. Berupa reformasi kesehatan di lingkungan sekolah terlebih dahulu.


2.      Identifikasi Masalah :
Sesuai dengan judul makalah ini “Reformasi kesehatan di Sekolah”, terkait dengan peran sekolah untuk melakukan reformasi kesehatan bagi para pelajar dan guru, untuk mencegah penyakit maag yang merupakan penyakit paling umum diderita para siswa dan guru.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
a)      Apa arti sehat dan sakit yang sesungguhnya ?
b)      Apa itu penyakit maag dan heartburn ?
c)      Bagaimana mencegah dan mengobati penyakit maag yang adalah penyakit umum diderita kaum pelajar ?
d)      Mengapa perlu untuk melakukan reformasi kesehatan di sekolah ?
e)      Bagaimana cara melakukan reformasi kesehatan di sekolah ?



3.      Batasan masalah :
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
4.      Perumusan masalah :
Penulis mengadakan penelitian terhadap kesehatan di lingkungan sekolah dengan tujuan sebagai berikut.
a)      Bagaimana agar semua orang tahu arti dari sakit yang sesungguhnya ?
b)      Bagaimana agar semua orang tahu pentingnya reformasi kesehatan khusunya di lingkungan sekolah ?
c)      Bagaimana agar reformasi kesehatan di sekolah dapat dilaksanakan ?
d)      Bagaimana agar penyakit maag yang merupakan penyakit umum diderita oleh kaum pelajar dapat dicegah dan diobati ?

5.      Landasan teori :
a)      Teori 1 :
           Sakit atau penyakit sebenarnya merupakan hasil akumulasi dari kebiasaan-kebiasaan dan makanan yang dikonsumsi dalam beberapa waktu.
b)      Teori 2 :
Tubuh manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Kenyataannya, tubuh anda merupakan satu-satunya sistem penyembuhan yang dapat membawa dirinya kembali seimbang (sembuh) saat penyakit menyerang.
c)      Teori 3 :
Sistem pencernaan yang bersih, yaitu memiliki karakteristik lambung dan usus yang baik merupakan pertanda dari orang yang sehat. Demikian sebaliknya.
d)      Teori 4 :
Enzim adalah sebuah istilah generik untuk katalis protein yang dibentuk di dalam sel makhluk hidup. Enzim ikut ambil bagian dalam seluruh aktivitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan, seperti sintesis dan penguraian, transportasi, ekskresi, detoksifikasi, dan penyediaan energi. Makhluk hidup tidak akan dapat mempertahankan kehidupan tanpa adanya enzim.
e)      Teori 5 :
Jumlah enzim yang dapat diproduksi oleh suatu makhluk hidup selama hidupnya telah ditentukan sebelumnya dan disebut sebagai “Potensi Enzim”.
f)       Teori 6 :
          Pada saat potensi enzim telah habis, hidup tubuh itu pun berakhir.
g)      Teori 7 :
          Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Ada beberapa tahap dalam penyakit maag 1. Maag ringan 2. Maag sedang 3. Maag kronis 4. Kanker lambung. 1.Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding 2. Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri , sakit dan mual yang menyakitkan 3. Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa 4. Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan ''Helycobacter pylori''.
BAB 2
PEMBAHASAN
1.      Pengertian kata “Sakit” yang sesungguhnya :
Perasaan tidak nyaman di tubuh atau bagian tubuh karena menderita sesuatu, yang disebabkan hasil akumulasi dari kebiasaan-kebiasaan dan makanan yang dikonsumsi dalam beberapa waktu. Di dalam tubuh manusia, ada proses fisiologis yang sangat penting untuk keseimbangan hidup , yang disebut dengan Homeostasis.           
Homeostasis merupakan keadaan dalam tubuh suatu makhluk hidup yang mempertahankan konsentrasi zat dalam tubuh, khususnya darah agar tetap konstan dan seimbang. Proses homeostasis seharusnya berjalan dengan seimbang antara faktor yang merusak dan memperbaiki.  
Apabila homeostasis terganggu, maka seseorang akan menjadi sakit. Salah satu bahan yang penting dalam peristiwa homeostasis adalah enzim. Enzim pangkal adalah enzim induk yang akan terdeferensiasi menjadi bahan yang penting untuk mengatalisis protein tertentu.
Kehidupan modern yang direfleksiskan dengan mengonsumsi bahan-bahan yang bisa menguras persediaan enzim pangkal, seperti alkohol, rokok, obat-obatan, dan aneka bahan makanan, akan mengakibatkan ketidakseimbangan homeostasis sehingga orang akan jatuh sakit.



2.      Penjelasan tentang penyakit maag dan heartburn :
        i.            Definisi sakit “Heartburn" :
             Heartburn adalah penyakit yang membuat rasa panas di daerah dada (belakang tulang dada)atau disebut juga nyeri ulu hati. Menyebabkan rasa sensasi terbakar, lambung terasa ditusuk-tusuk dan rasanya nyeri, kerongkongan terasa kering, panas. Heartburn, merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang, setidaknya 60 juta orang di seluruh dunia mengalami hal tersebut setiap bulannya. Bagi orang yang menderitan penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease), heartburn tersebut dapat lebih sering dialami. Heartburn biasanya terjadi setelah makan. Heartburn dapat juga menyebabkan rasa asam pada mulut dan terasa sensasi makanan yang sebagian sudah dicerna kembali ke mulut.
      ii.            Faktor penyakit Heartburn :
             Penyakit heartburn terjadi manakala makanan di dalam perut kembali ke kerongkongan. Naiknya asam lambung ini menyebabkan sensasi terbakar, yang Anda rasakan seperti datang dari ulu hati. Asam lambung yang naik ini mengiritasi selaput lendir lambung. Hal ini terjadi karena asam lambung naik dan masuk ke dalam esophagus (saluran yang menghubungkan antara tenggorokan dan perut).
Beberapa penyebab heartburn sudah diketahui dengan jelas, seperti makanan yang  pedas. Tetapi ternyata selain makanan, ada juga beberapa penyebab lain dari heartburn tersebut, yaitu :

- Merokok

Hal ini dapat menjadi salah satu alasan tambahan bagi orang yang ingin berhenti merokok. Merokok dapat membuat penyakit GERD menjadi lebih parah, karena dapat melemahkan katup yang ada antara lambung & tenggorokan (sehingga asam lambung dapat masuk kedalam tenggorokan), menyebabkan cairan empedu dapat berpindah dari usus halus ke perut sehingga mengurangi produksi air ludah yang berfungsi untuk membilas asam lambung dari tenggorokan.

- Obat-obatan tertentu

Beberapa obat tertentu dapat memicu terjadinya gejala heartburn. Seperti misalnya pada obat pereda nyeri golongan NSAIDs (nonsteroidal anti-inflammatory drugs), antibiotik tertentu, obat tekanan darah tinggi golongan antagonis kalsium, obat pelega pernafasan seperti albuterol, obat untuk penyakit osteoporosis & beberapa jenis obat penenang.

Sebaiknya berkonsultasi kembali dengan dokter apabila merasakan gejala heartburn tersebut setelah meminum obat yang diberikan.

- Suplement minyak ikan

Minyak ikan mangandung asam lemak omega 3 serta telah lama digunakan sebagai suplemen untuk membantu mengatasi penyakit jantung, depresi & masalah kesehatan lainnya. Ternyata minyak ikan juga dapat menjadi penyebab timbulnya heartburn.

Minyak tersebut (bukan ikannya) ternyata mempunyai efek samping terhadap organ gastrointestinal, walaupun ikannya sebenarnya tidak mempunyai efek tersebut & bahkan sering digunakan sebagai makanan yang dapat meredakan heartburn.

- Stres

Stres memang terlihat dapat memcu terjadinya heartburn, tetapi ternyata hal tersebut lebih rumit dari yang terlihat. Stres ternyata tidak mengakibatkan kenaikan asam lambung, akan tetapi berdasarkan penelitian di the Journal of Psychosomatic Research memperlihatkan bahwa persepsi pasien terhadap gejala heartburn tersebut (bukan kadar asam lambungnya) yang berkaitan dengan stres.

Dengan kata lain, pada orang yang mengalami stres akan lebih merasakan gejala heartburn atau efek neurological dari stres menyebabkan meningkatknya reseptor rasa nyeri di tenggorokan.

- peppermint

Peppermint seprti halnya minyak ikan mempunyai 2 sisi yang berbeda. Peppermint baik dalam bentuk teh, minyak dalam kapsul ataupun permen sering digunakan untuk menenangkan lambung, akan tetapi hal tersebut dapat menjadi masalah bagi orang uang menderita GERD.
Efek dari mentol yang bersifat menenangkan dapat membuat katup antara lambung & tenggorkan menjadi mengendur, sehingga asam lambung dapat dengan mudah masuk ke dalam tenggorokan, menyebabkan rasa panas di daerah tenggorokan atau heartburn.

- Kelebihan berat badan

Semakin berat seseorang, maka kemungkina untuk mengalami heartburn juga akan semakin besar. Sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2003 yang dimuat di the Journal of the American Medical Association menemukan bahwa resiko untuk mengalami gejala reflux asam lambung akan meningkat seiring dengan meningkatnya BMI kita. Hubungan tersebut juga lebih terlihat pada wanita dibandingkan pria (terlebih pada wanita yang mengalami pre menopause).

Penyebab hal tersebut beraneka ragam, mulai dari pola makan yang tidak baik, berlebihnya lemak di daerah perut serta senyawa kimia yang dilepaskan oleh lemak tubuh sebagai salah satu kemungkina penyebabnya.

- Genetika

Salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya heartburn adalah faktor keturunan (genetika). Pada beberapa tahun terakhir, penelitian terhadap anak kembar memperlihatkan bahwa 30-45 % resiko untuk terkena GERD berasal dari faktor genetik (sisanya baru dari faktor sendiri, seperti misalnya pola makan, merokok, olahraga dll).
Para ahli belum yakin mengenai penyebab hal tersebut. Hal itu mungkin karena ciri fisik yang diturunkan secara genetik seperti misalnya mempunyai abnormalitas pada fungsi lambung ataupun hipersensitvitas pada asam lambung.

Menurut  heartburn.about.com , ada sejumlah fakta mengenai nyeri ulu hati yang wajib Anda tahu. Apa sajakah itu?

Fakta 1
Heartburn atau nyeri ulu hati dimulai saat terjadi 'serangan' di tulang dada, dan biasanya berkembang ke arah kerongkongan. Ada sensasi makanan seperti berbalik kembali ke mulut, disertai rasa asam atau pahit di mulut
Lebih dari 60 juta warga dewasa Amerika menderita nyeri ulu hati minimal sekali dalam sebulan, dan sekitar 25 juta warga AS menderita heartburn setiap harinya.

Fakta 3
Kira-kira  94% dari penderita nyeri ulu hati dapat menghubungkan gejala yang mereka derita dengan makanan tertentu.

Fakta 4
Sekitar 80% penderita heartburn melaporkan terjadi gejala pada malam hari. Sebanyak 75% penderita mengaku nyeri ulu hati membangunkan mereka pada malam hari dan mencegahnya untuk tidur kembali. Sementara 40% mengaku gejala nyeri ulu hati yang datang pada malam hari ini berdampak pada kemampuan mereka untuk bekerja pada siang harinya.

Fakta 5
Sementara gaya hidup dapat memperburuk gejala nyeri ulu hati dan meningkatkan kejadian heartburn, nyeri ulu hati adalah kondisi medis dengan penyebab biologis.

Fakta 6
Heartburn terjadi saat katup LES (lower esophageal sphincter) yang berlokasi antara kerongkongan dan perut, melemah atau bekerja tidak sebagaimana mestinya. Hal ini membuat asam dan isi lambung lainnya berbalik ke kerongkongan, menyebabkan iritasi dinding lambung.

Fakta 7
Perubahan gaya hidup seringkali mengurangi terjadinya serangan nyeri ulu hati. Ini termasuk mengonsumsi makanan yang 'bersahabat' dengan lambung, menghindari alkohol, berhenti merokok dan mengurangi stres

Fakta 8
Nyeri ulu hati merupakan gejala umum dari gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD juga dapat menyerang balita dan anak-anak dan remaja. Anda sejumlah cara mencegah terjadinya nyeri ulu hati pada anak-anak dan remaja, juga balita.

Fakta 9
Heartburn umum dialami orang dewasa, juga pada wanita hamil

Fakta10
Chronic acid reflux, atau penyekit refluks gastroesophageal, dapat menuntun pada komplikasi serius.

    iii.            Gejala penyakit gastritis ( termasuk heartburn ) :
  1. Perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Kehilangan selera
  5. Kembung
  6. Terasa penuh pada perut bagian atas setelah makan
  7. Kehilangan berat badan
        i.            Definisi penyakit maag :

               Gastritis atau lebih dikenal sebagai maag berasal dari bahasa yunani yaitu gastro, yang berarti perut atau lambung dan itis yang berarti inflamasi atau peradangan.  Gastritis bukan merupakan penyakit tunggal, tetapi terbentuk dari beberapa kondisi yang kesemuanya itu mengakibatkan peradangan pada lambung.
Sakit Maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering membawa seseorang untuk datang kedokter mencari pertolongan medis.
                 Kata ‘maag’ juga berasal dari bahasa Belanda yang berarti ‘lambung’. Seseorang yang mengalami maag biasanya merasakan sakit dan tidak nyaman pada perut. Gejala lain yang dirasakan adalah sendawa, perut kembung, mual, muntah, merasa penuh, atau merasa terbakar di perut bagian atas. Maag dapat muncul secara tiba-tiba dalam waktu yang singkat (akut), waktu yang lama (kronik), atau karena kondisi khusus seperti adanya penyakit lain. Salah satu contoh maag akut adalah rasa tidak nyaman ketika mengkonsumsi alkohol maupun asetosal.
               Sakit Maag yang membawa pasien datang kedokter kadang kala memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit Maag.
              Orang yang mempunyai masalah dengan lambungnya akan merasakan bahwa dia mengalami sakit Maag. Secara medis istilah yang sering digunakan untuk sakit Maag ini adalah Dispepsia.
              Secara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak nyaman disekitar ulu hati. Pasien dengan Dispepsia atau Sakit Maag ini juga biasanya datang dengan keluhan lain seperti rasa mual bahkan sampai muntah. Selain itu bisa juga timbul keluhan-keluhan lain seperti kembung cepat kenyang, nafsu makan yang berkurang, sering sendawa.
             Survey yang dilakukan pada masyarakat Jakarta tahun lalu yang melibatkan 1645 responden mendapatkan bahwa pasien dengan masalah sakit maag ini mencapai angka 60 %. Artinya masalah sakit maag ini memang ada di masyarakat dan tentunya harus menjadi perhatian kita semua.





      ii.            Faktor-faktor penyakit maag :

Sakit maag paling umum disebabkan oleh makanan dan minuman yang memang seringkali menjadi pemicu datangnya nyeri ulu hati. Agar tak diganggu sakit maag, lebih baik Anda hindari makanan-minuman sebagai berikut:


                      Penyakit yang juga disebut gastritis ini disebabkan oleh bermacam hal. Munculnya penyakit maag sering dihubungkan dengan obat-obatan, kondisi medis, stress fisik, kebiasaan hidup, zat kimia, serta infeksi. Obat seperti asetosal, anti inflamasi non steroid/AINS (seperti ibuprofen dan naproxen), serta suplementasi kalium umumnya menyebabkan gangguan lambung. Menelan zat kimia yang bersifat korosif (seperti asam ataupun larutan yang bersifat basa), atau alkohol juga menyebabkan maag.
                 Biasanya, peradangan tersebut merupakan akibat dari infeksi oleh bakteri yang sama dengan bakteri yang dapat mengakibatkan borok di lambung yaitu Helicobacter pylori. Tetapi faktor-faktor lain seperti trauma fisik dan pemakaian secara terus menerus beberapa obat penghilang sakit dapat juga menyebabkan gastritis.
                      Pada beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan terjadinya borok (ulcer) dan dapat meningkatkan risiko dari kanker lambung. Akan tetapi bagi banyak orang, gastritis bukanlah penyakit yang serius dan dapat segera membaik dengan pengobatan.
Walaupun banyak kondisi yang dapat menyebabkan gastritis, gejala dan tanda-tanda penyakit ini sama antara satu dengan yang lainnya.Sakit maag yang banyak ditemukan di masyarakat adalah sakit maag fungsional.
                    Sakit maag fungsional disebabkan oleh berbagai factor. Keluhan yang timbul bisa terjadi karena akibat peningkatan asam lambung yang berlebihan didalam lambung. Boleh disebutkan terjadinya banjir asam lambung. Keadaan ini dapat disebabkan oleh  makanan dan minuman tertentu, misal makan makanan yang terlalu asam, pedas , minum kopi atau alkohol.
                   Sering terlambat makan atau makan tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag fungsional. Selain itu stress fisik dan psikis juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebih sehingga mengakibatkan gangguan maag.Selain asam lambung yang berlebih lambung juga bisa terganggu akibat naiknya cairan empedu dari usus dua belas jari menuju lambung bahkan dapat naik sampai kerongkongan. Adanya cairan empedu yang naik dapat menyebabkan gangguan pada lambung sampai menyebabkan kerusakan dinding dalam lambung.
                 Motilitas atau pergerakan lambung juga salah satu factor penyebabkan gangguan sakit maag fungsional. Adanya pengosongan lambung yang lambat berakibat kontak makanan dan cairan lambung lebih lama dari biasanya dan hal ini tentunya akan menyebakan gangguan pada lambung.
                Gangguan gerakan motorik system saluran cerna lain yang juga dapat menyebabkan sakit maag fungsional antara lain : penyebaran makanan yang tidak seimbang dalam perut, pengakomodasian dalam perut yang tidak seimbang, antral hypomotility (biasanya yang menyebabkan seseorang muntah-muntah karena gerakan perut yang abnormal), gastric dysrhythmias atau gerakan lambung yang lebih lambat dibandingkan gerakan normal perut (tachygastrias, bradygastrias, dan mixed dysrhythmias), dan perubahan gerakan usus dua belas jari dalam tubuh.
              Perubahan fungsional atau gerakan sistem pencernaan dalam tubuh terutama yang terjadi setelah makanan dicerna biasanya akan menyebabkan melambatnya pengosongan ruang perut sehingga ukuran otot perut mengembang lebih dari ukuran normal dan Anda pun akan merasa kembung dan mual. Menurut laporan, pengosongan ruang lambung terjadi pada 30% pasien maag, dan 70% dari pasien tersebut disebabkan oleh gerakan abnormal dari sistem pencernaan.
Penyebab sakit maag organik

              Sebelum menjelaskan tentang penyebab sakit maag yang organik, kelainan yang bisa ditemukan pada saat pemeriksaan endoskopi saluran cerna atas sehingga sakit maagnya dikelompokkan menjadi sakit maag organik yaitu ditemukannya luka pada kerongkongan, ditemukan tukak pada lambung dan atau usus dua belas jari. Selain itu adanya polip atau tumor ganas pada pemeriksaan endoskopi pasien dengan keluhan sakit maag tersebut juga merupakan sakit maag yang organik.
               Walaupun secara statistik adanya tumor pada saluran cerna bagian atas ditemukan kurang dari 1 % pada pasien dengan keluhan sakit maag tersebut kita harus tetap mewaspadai adanya kemungkinan kanker lambung pada pasien dengan keluhan sakit maag tersebut.
               Riwayat obat-obatan terutama penggunakan obat rematik atau obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri terutama nyeri sendi juga harus dicurigai sebagai penyebab dari keluhan sakit maag yang timbul. Selain itu sering juga akibat penggunakaan obat sakit kepala yang rutin juga bisa membuat masalah di lambung dan menyebabkan kelainan organik. Obat pengencer darah yang juga sering digunakan oleh pasien dengan penyakit jantung koroner seperti asam asetil salisilat juga bisa menyebabkan masalah pada lambung.
              Kuman Helicobacter pylori merupakan kuman yang juga harus dipikirkan sebagai penyebab seseorang mengalami sakit maag tersebut. Kuman Helicobacter pylori ini merupakan satu-satunya kuman yang hidup dilambung dan jika kuman ini hidup didalam lambung kita, keberadaan kuman ini akan membuat masalah. Kelainan yang timbul akibat adanya kuman didalam lambung ini cukup bervariasi dari tanpa keluhan, adanya merah-merah pada dinding dalam lambung, tukak pada lambung dan usus dua belas jari.
             Bahkan adanya kuman ini dapat menyebabkan tumor pada lambung. Berbeda dengan kuman pecernaan lainnya kuman Helicobater pylori ini bisanya tidak menyebab keluhan dan setelah bertahun-tahun dilambung baru menimbulkan masalah. Oleh karena itu adanya kuman ini harus selalu dipastikan apabila seseorang mengalami masalah dengan sakit maagnya.
             Apabila seseorang mengalami sesuatu yang tidak beres pada daerah ulu hatinya maka, yang juga harus dipikirkan adalah apakah ada keluhan lain yang sering kita sebut tanda bahaya (alarm symptom) pada seseorang tersebut. Tanda bahaya yang harus diperhatikan antara lain selain nyeri di ulu hati apakah ada keluhan buang air besar yang hitam, keluhan muntah-muntah apalagi dengan keluhan muntah darah, berat badan turun tanpa sebab yang jelas, dan adanya lemas disertai pucat. Selain itu jika seseorang merasakan keluhan nyeri ulu hati tersebut pertama kali pada saat sudah berusia lebih dari 45 tahun maka sakit maag yang dialami saat ini harus dipikirkan karena penyebabnya organik.
              Selain gangguan pada saluran pencernaan atas keluhan sakit pada daerah ulu hati tersebut dapat disebabkan oleh penyakit lain antara lain adanya kelainan pada kandung empedu baik berupa pasir-pasir, batu atau hanya berupa radang pada kandung empedu juga bisa menimbulkan keluhan didaerah ulu hati.
              Beberapa kali penulis mendapatkan pasien yang sudah diobati oleh dokter lain sebagai sakit maag biasa ternyata saat dilakukan pemeriksaan ultrasonografi ternyata ditemukan adanya batu pada kandung empedu. Tentunya setelah masalah batu empedunya diobati keluhan sakit maagnya menjadi berkurang.
              Berbagai penyakit kronis lain seperti Diabetes Mellitus (DM) penyakit gondok berupa kelainan peningkatan hormone gondok bisa menyebabkan gangguan pada maag pasien tersebut. Penyakit pada pencernaan lain seperti gangguan liver adanya gangguan penyerapan pada makanan (malabsorbsi) juga bisa menimbulkan keluhan pada lambungnya.

    iii.            Gejala sakit maag :
              Sakit maag pada umumnya merupakan hal yang banyak dijumpai pada masyarakat dari berbagai usia, profesi, maupun lapisan masyarakat. Sebagian besar masyarakat pernah mendengar dan mengetahui pencetus terjadinya sakit mag seperti terlambat makan, makan tidak teratur, makanan atau minuman yang merangsang produksi asam lambung, serta stress.
              Meski demikian, mungkin banyak dari kita yang belum sepenuhnya memahami gejala-gejala sakit maag. Rasa Perih pada lambung/pada ulu hati merupakan hal yang sering disebut sebagai sakit mag. Faktanya, gejala sakit mag tersebut tidak harus terasa perih dulu. rasa tidak nyaman pada lambung/ulu hati yang dibarengi dengan mual atau kembung dan sering sendawa atau cepat merasa kenyang juga merupakan gejala sakit maag.
              Sakit maag biasa disebut dyspepsia yaitu gejala-gejala kelebihan asam lambung. Saat tingkat asam lambung meningkat, maka lambung akan mengalami gejala Kembung dan sendawa. Gejala yang terjadi karena essensi dari sakit maag ini adalah adanya peningkatan asam lambung yang berlebihan menghasilkan gelembung-gelembung gas di dalam lambung sehingga seseorang merasakan kembung.
              Rasa penuh pada perut atau yang biasa disebut sebah atau begah juga merupakan gejala sakit mag yang sering kali tidak disadari. Hal ini bisa dirasakan pada saat sebelum maupun sesudah makan. Penyebabnya juga asam lambung yang berlebihan.
             Selain rasa kembung, mual, rasa penuh pada perut atu sebah dan begah, ada juga gejala lain yang sering kali tidak disadari sebagai gejala sakit maag. Gejala tersebut adalah rasa pahit yang dirasakan di mulut. Rasa pahit ini timbul karena asam lambung yang berlebihan mendorong naik ke kerongkongan sehingga kadang kala timbul rasa asam ataupun pahit pada kerongkongan dan mulut.
            Dengan demikian, bila anda merasakan gejala-gejala seperti mual, kembung, sebah atau begah, maupun rasa pahit di lidah, walaupun anda tidak merasakan rasa perih pada lambung, bisa jadi anda mengalami gejala sakit maag akibat asam lambung yang berlebih. Oleh karena itu, makan teratur dan menghindari faktor pencetus terjadinya sakit maag merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya sakit maag.

Berdasarkan angket yang saya bagikan kepada 26 siswa di kelas XI SMA Advent, saya mendapatkan fakta yang cukup menarik dan mendukung seluruh teori di atas :
4 Fakta Tentang Maag Berdasarkan Angket
·         Perbandingan para siswa yang mengidap sakit maag dan yang tidak sakit maag 2 : 1
Jadi, diantara dua orang siswa, satu orang adalah pengidap sakit maag.
·         Di kisaran usia 15-17 tahun, yang masih terbilang cukup dini, siswa SMA yang masih belia ini telah menjadi pengidap sakit maag.
·         Semua pengidap sakit maag memiliki riwayat pola makan yang buruk. Seperti, makan tidak teratur dan senang makan jajanan yang tidak sehat. Jajanan tidak sehat ini, berupa bakso, makanan ringan, aneka gorengan, mie instan, sosis, dan juga donat gula.
·         Terbukti bahwa para siswa yang tidak mengidap sakit maag, memiliki riwayat pola makan yang baik seperti, makan teratur dan selalu makan di rumah ataupun jarang jajan.
·         Rata-rata siswa yang mengidap sakit maag, mengalami gejala Heartburn saat penyakit maag mereka kambuh.


Bab 3
Cara mencegah dan mengobati penyakit maag dan Heartburn :

        I.            Dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup

Sakit maag paling umum disebabkan oleh makanan dan minuman yang memang seringkali menjadi pemicu datangnya nyeri ulu hati. Agar tak diganggu sakit maag, lebih baik Anda hindari makanan-minuman sebagai berikut:
1.
Alkohol
2.
Kafein (kopi), minuman karbonasi (misalnya coke)
3.
Cokelat
4.
Buah berasa asam, juga jusnya
5.
Tomat dan saus tomat
6.
Makanan berbumbu tajam, pedas, produk susu tinggi lemak
7.
Pepermint dan spearmint
Jika daftar makanan-minuman di atas berhasil Anda hindari (minimal dikurangi), segera ikuti dengan perubahan pola makan. Menurut heartburn.about.com perubahan positif pola makan yang membuat Anda dijauhi sakit maag antara lain:
1.
Makanlah dalam porsi kecil. Kenapa? Karena lambung yang penuh (saat Anda makan banyak sekaligus) akan memberikan tekanan ekstra pada katup lower esophageal sphincter (LES, katup yang terletak antara lambung dan kerongkongan), sehingga meningkatkan peluang terjadinya aliran balik asam lambung ke kerongkongan (refluks)
2.
Hindari langsung tidur dalam 2-3 setelah makan
3.
Berbaring dengan lambung penuh hanya akan menekan katup LES yang membuat asam lambung gampang berbalik ke kerongkongan
4.
Minumlah banyak air, khususnya setelah minum obat

Tips- tips lainnya untk mencegah penyakit maag ataupun heartburn :
Hentikan kebiasaan merokok dan meneguk minuman beralkohol.
2. Menjaga berat ideal badan.
3. Pilih diet rendah lemak.
4. Jauhi makanan yang mengandung cokelat dan keju.
5. Hindari minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi dan minuman bersoda.
6. Kendalikan stres karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.
                     Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ (makan sedikit-sedikit) yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…
                    Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.
                   Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.
Makanan dan minuman yang harus dihindari adalah:
a. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).
b. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.
c. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat   menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.
d. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
e.  Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.
                     Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.  Mengkonsumsi makanan  berlemak secara berlebihan, dapat menghambat proses pencernaan. Sehingga dapat meningkatkan risiko terserang gejala sakit maag seperti perih, mual dan nyeri di ulu hati. Adapun makanan berlemak dan berminyak yang perlu dikurangi antara lain seperti gorengan, kacang tanah, alpukat, durian, kuning telur, kelapa, daging, jeroan, susu, santan, mentega dan sejenisnya.
                        Namun untuk mengurangi makanan berlemak tersebut, perlu dilakukan secara bertahap jangan sampai dilakukan secara drastis. Karena tubuh kita masih memerlukan lemak untuk proses lubrikasi. Pengurangan makanan berlemak dengan memperhatikan kadar lemak yang terkandung dalam makanan secara bijak, dapat membantu kita menghindari resiko terserang gejala sakit maag. Mengkonsumsi makanan  berlemak secara berlebihan, dapat menghambat proses pencernaan. Sehingga dapat meningkatkan risiko terserang gejala sakit maag seperti perih, mual dan nyeri di ulu hati.

Makanan yang baik dan cocok untuk pengidap penyakit maag adalah :

Dalam buku “50 ways to relieve heartburn, reflux and ulcers”, M Sara Rosenthal menyarankan bagi penderita maag agar mempertimbangkan jenis makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti kentang. Pisang, brokoli, kol, bubur yang selain menetralisir asam lambung, juga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Kentang. Adalah sumber karbohidrat yang baik, sehingga mampu memebrikan rasa kenyang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat alkali di padi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung anda.

Brokoli. Sumber kalium dan zat sulfur yang baik. Sulfur merupakan prekursor glutation yang berperan sebagai antiboksidan pelindung terhadap lapisan dalam kulit lambung. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.
Pisang masak. Jenis buah-buahan yang mengandung kalium seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat baik dikonsumsi sebab mengandung kalium yang berfungsi menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga memberikan sensasi kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan.
Bubur ayam. Bagi penderita maag akut, makanan yang mudah dicerna seperti bubur ayam berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna,namun sebagai penambah rasa anda boleh menambahkan telur rebus, kecap atau kerupuk.

Lidah buaya. Bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga merupakan pemulih radang, termasuk radang pada saluran pencernaan.

Kol. Meski banyak dijauhi karena menyebabkan produksi gas, banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yag meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Konsultasikan dengan dokter anda.


      II.            Pengobatan

              
Mengatasi penyakit maag biasanya dengan menggunakan obat untuk mengurangi asam lambung. Hal ini dapat membantu mengurangi keluhan gejala serta mempercepat penyembuhan (karena asam lambung mengiritasi jaringan yang mengalami peradangan). Selain itu, hindari juga beberapa makanan, minuman, maupun penggunaan obat tertentu.

               Banyak pilihan obat yang dapat digunakan dalam penanganan penyakit maag. Pilihan pengobatan juga harus berdasarkan pemeriksaan. Untuk pengobatan sendiri (swamedikasi) hanya bersifat menghilangkan gejala penyakit. Bila gejala penyakit tidak kunjung mereda setelah tiga sampai tujuh hari, sebaiknya dikonsultasikan pada dokter.

               Jika maag disebabkan infeksi H. pylori, kemungkinan dokter akan meresepkan antibiotik. Selain itu, ada juga obat-obatan yang digunakan untuk menghambat sekresi asam lambung (penghambat histamine 2/H2 blocker seperti ranitidine dan simetidin), maupun obat untuk menetralisir asam lambung (antasida). Pengobatan yang lebih kuat yang digunakan untuk melindungi saluran cerna atau untuk mengurangi asam lambung tersedia dengan resep dokter. 

Bab 4

obat maag ( Antasida ) :

                         Antasida adalah (obat penetral asam lambung) seperti : Ca karbonat, Al (OH)3, Mg (OH)3, Hydrotalcid. Antasida (antacid, antiacid) merupakan salah satu pilihan obat dalam mengatasi sakit maag. Antasida diberikan secara oral (diminum) untuk mengurangi rasa perih akibat suasana lambung yang terlalu asam, dengan cara menetralkan asam lambung.
                        Asam lambung dilepas untuk membantu memecah protein. Lambung, usus, dan esophagus dilindungi dari asam dengan berbagai mekanisme. Ketika kondisi lambung semakin asam ataupun mekanisme perlindungan kurang memadai, lambung, usus dan esophagus rusak oleh asam memberikan gejala bervariasi seperti nyeri lambung, rasa terbakar, dan berbagai keluhan saluran cerna lainnya.
             Umumnya antasida merupakan basa lemah. Biasanya terdiri dari zat aktif yang mengandung alumunium hidroksida, madnesium hidroksida, dan kalsium (bisa anda lihat di kemasan antasida). Terkadang antasida dikombinasikan juga dengan simetikon yang dapat mengurangi kelebihan gas.
             Efek samping yang utama antasida dengan zat aktif alumunium hidroksida adalah konstipasi (sembelit). Sedangkan antasida dengan zat aktif magnesium hidroksida dapat menyebabkan diare, sehingga kedua zat aktif ini sering dikombinasikan agar efek samping dapat diminimalisir.
             Seseorang yang mengalami gangguan ginjal harus berhati-hati dalam menggunakan antasida yang mengandung magnesium, bahkan bila perlu jangan menggunakannya. Antasida yang mengandung kalsium dapat mengontrol keasaman di lambung sekaligus sebagai suplementasi kalsium. Suplemen kalsium sangat penting bagi wanita postmenopause. Antasida yang mengandung kalsium dapat menyebabkan sembelit.
             Jadi, lebih baik untuk tidak mengkonsumsi obat. Sebab, sebenarnya baik obat-obatan kimia maupun herbal adalah “Asing” bagi tubuh. Namun karena gaya hidup yang salah seperti, mengonsumsi alkohol, rokok, kafein, dan soft drink, serta menyantap makanan yang mengandung bahan tambahan makanan, dan bumbu-bumbu berbahan kimia, tubuh mereka membangun sebuah toleransi terhadap zat-zat kimia dan oleh karenanya menjadi tidak sensitive terhadap rangsangan.
            Jika memilih obat, harap diingat bahwa obat yang sangat efektif, yang menhilangkan rasa sakit dengan cepat, jauh lebih berbahaya bagi tubuh daripada banyak obat-obatan lain. Bahkan dengan obat-obatan pencernaan, ada beberapa efek samping yang tak terduga. Contohnya, jika seorang pria sering mengonsumsi antasida seperti Blokade H2, ada kemungkinan ia akan mengalami gangguan ereksi. Adapula data yang menunjukkan penurunan tajam sejumlah sperma dan masalah kesuburan pria lainnya yang sangat terkait dengan berbagai jenis antasida keras yang terjual bebas di pasaran.
            Di antara orang-orang yang biasa menerima resep obat-obatan, ada sebagian yang mungkin tidak tau obat apa yang mereka minum atau efek samping apa saja yang akan terjadi. Akan tetapi, obat jenis apapun akan memberikan suatu tekanan pada tubuh, dan karena itu, penting untuk mengetahui secara pasti resiko apa saja yang mungkin terjadi.
                        
Bab 5

Reformasi kesehatan di sekolah :

              Setelah membaca makalah saya hingga sejauh ini, anda telah dapat berkesimpulan, tentang betapa besar pengaruh pola makan dan makanan yang dikonsumsi terhadap kondisi kesehatan seseorang. Terutama, pengaruhnya terhadap pencernaan dan timbulnya penyakit seperti maag dan heartburn.
              Jadi, betapa pentingnya reformasi kesehatan bagi kalangan siswa dan warga sekolah lainnya. Sudah saatnyalah, jajanan yang tidak sehat seperti bakso, permen, makanan ringan, gorengan, donat, dan masih banyak lainnya dilenyapkan dari daftar makanan kita.

 Fakta- fakta mengenai jajanan yang tidak sehat di sekolah sebenarnya :

Bukan kali pertama kalau diberitakan jajanan anak sekolah (dan orang dewasa) tidak menyehatkan. Bahaya makanan jajanan sekolah dan makanan umum lainnya bisa muncul untuk jangka pendek, bisa juga pada jangka panjang.
Jangka pendek, terjadi keracunan makanan sebab tercemar mikroorganisme, parasit, atau bahan racun kimiawi (pestisida). Muntah dan diare sehabis mengonsumsi jajanan paling sering ditemukan.
Bahaya jangka panjang jajanan yang tidak menyehatkan apabila bahan tambahan dalam makanan-minuman bersifat pemantik kanker, selain kemungkinan gangguan kesehatan lainnya.
Kita menyaksikan hampir semua kalangan di Indonesia, baik anak sekolah, orang kantoran di kota besar, apalagi yang di pedesaan, rata-rata sudah tercemar oleh beragam bahan kimiawi berbahaya dalam makanan, kudapan, atau penganan jajanan mereka.
Mengandung Zat Warna Tekstil
Sebagai contoh adalah saus tomat. Tidak sedikit saus tomat yang beredar terbuat dari ubi, cuka, dan zat warna tekstil (rhodomin-B). Zat warna tekstil inilah yang diperkirakan berpotensi menimbulkan keluhan tersebut.

Tidak hanya sekadar pusing belaka yang ditakutkan, melainkan juga bahaya jangka panjangnya. Zat warna tekstil jenis itu bersifat pemantik munculnya kanker bila dikonsumsi rutin untuk waktu yang sama.
Kita menyaksikan yang ada di meja makan warung nasi, penjual bakmi bakso, dan kantin sekolah, kemungkinan besar jenis saus tomat semacam itu. Kalau tidak, kenapa harganya bisa rendah sekali? Kecurigaan harus muncul bila ada saus tomat semurah itu.
Bukan cuma dalam saut tomat, zat warna tekstil rhodomin-B juga konon pernah ditemukan dalam lipstik dan pemerah pipi, selain bahan pewarna panganan dan jajanan, termasuk mungkin dalam sirup murah.
Dalam sebuah reportase sebuah stasiun TV swasta menyiarkan tayangan pembuatan sirup yang dijajakan di sekolah tersebut kurang higienis, memakai air mentah (belum dimasak) dan zat warna buatan yang diduga rhodomin-B juga.
Sirup dan limun murah di jajanan sekolah ini yang membuat kita prihatin. Generasi anak sekolah (pinggiran, dari ekonomi kurang mampu) kita tengah memanggul risiko terkena kanker saat dewasa, selain bahaya infeksi perut dadakan.
Bahaya Cacing
Melihat kondisi seperti ini, semakin murah-meriah suatu jajanan, boleh disimpulkan semakin besar berisiko membahayakan kesehatan. Bahaya jangka panjang yang lain juga muncul bila jajanan sampai tercemar cacing.

Kebanyakan sayur mayur mentah (pernah diselidiki) di supermarket mengandung telur cacing perut karena konon sebelum dibawa ke kota, dibersihkan memakai air selokan di gunung. Air selokan umumnya sudah tercemar tinja berpenyakit (penderita penyakit cacing perut).
Telur cacing juga dapat pula dibawa oleh jemari penjaja makanan (gado-gado, rujak, buah dingin, karedok, ketoprak) bila penjaja makanan (food handle) mengidap penyakit cacing.
Sehabis penjaja makanan buang air besar dan tidak membasuh tangan dulu tetapi langsung menyajikan makanan, telur cacing di kuku jemarinya akan mencemari makanan jajanannya.

Di sela-sela kuku jemari tangan telur cacing mengendon dan pindah ke makanan jajanan. Cacing kremi, cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk, jenis-jenis cacing yang lazim ditularkan dari makanan jajanan.
Sering pengidap cacing tidak merasakan keluhan apa-apa, termasuk orang gedongan dan pekerja kantoran. Biasanya baru kedapatan cacingan kalau iseng melakukan pemeriksaan laboratorium tinja. Tahu-tahu ada telur cacingnya.
Pada anak sekolah, cacingan bisa berakibat kekurangan darah (anemia). Baru-baru ini diberitakan bahwa lebih separuh anak sekolah dasar (sampel sebuah yayasan LSM) menderita anemia. Besar kemungkinan, selain sanitasi yang buruk, penyebabnya bersumber dari jajanan harian yang tercemar cacing perut.
Bahan-Bahan Berbahaya
Pada intinya adalah sudah saatnya kita selaku orang tua maupun orang dewasa hendaknya berhati-hati apabila kita atau anak kita jajan di luar. Tentunya kita tidak ingin apabila kita apalagi anak kita mengidap penyakit kanker atau cacingan bukan?

Sebagai tambahan wawasan, berikut ini beberapa bahan-bahan berbahaya yang sering digunakan oleh penjual jajanan yang tidak bertanggung jawab. Semoga dengan mengetahui jenis dan bahayanya, kita lebih berhati-hati di kemudian hari.
Gula bibit
Selain pewarna, jajanan kaki lima yang memang buat kantong ekonomi lemah, dengan harga yang lebih terjangkau, tak mungkin sepenuhnya menggunakan gula asli (gula pasir maupun gula merah), melainkan memilih gula bibit.

Kita tahu gula bibit tidak semuanya aman bagi kesehatan. Sebut saja gula sakarin dan aspartam, yang jauh lebih murah dibanding gula asli. Bisa dipastikan jenis gula bibit murah begini, yang sudah dilarang digunakan, masih saja dipakai oleh rata-rata pembuat makanan dan minuman rumahan.
Limun, sirup, saus dan kecap murah, hampir pasti mencamprukan gula bibit, kalau bukan seluruhnya bahan kimiawi berbahaya ini. Pemanis buatan lain tentu ada yang lebih aman, dari daun stevia, misalnya.
Namun, karena harganya tidak terjangkau untuk membuat kudapan murah, pedagang memilih gula buatan yang lebih murah.Belakangan pemanis buatan aspartam juga gencar dilarang, lantaran efek buruknya, antara lain diduga terhadap otak. Namun, masih banyak jajanan dan penganan, selain industri makanan yang menggunakan aspartam.
Penyedap
Perhatikan bagaimana tukang bakso pinggir jalan menambahkan bumbu penyedap (sodium gluamic). Dahulu, untuk menuangkan bumbu penyedap (disebut mecin, vetsin) memakai sendok khusus terbuar dari kayu dengan penampang seujung kelingking.

Maksudnya paling banyak disedok pun, takarannya hanya seujung kelingking itu. Tidak demikian hal sekarang, rata-rata dituang langsung dari kantong plastik kemasan atau memakai sendok makan.
Semakin banyak penyedap dituangkan, semakin gurih rasa barang jualannya.Dari kacamata ekonomi, akan lebih menguntungkan bila menuangkan lebih banyak penyedap karena menambah lezat cita rasa jajanan.
Air putih (bukan kaldu) yang dibubuhi penyedap banyak-banyak dengan cara murah dan mudah menjadi sangat menyerupai kuah kaldu yang harus tinggi modalnya. Apa bahaya mengkonsumsi penyedap banyak-banyak?
Ya, bila dikonsumsi rutin untuk jangka waktu lama, penyedap buruk efeknya terhadap susunan saraf pusat, selain efek alergi bagi yang tidak tahan (post resntaurant syndrome), juga pusing-pusing sehabis makan di restoran (akibat penyedap).
Bagi mereka yang ingin aman, selain minta tidak pakai penyedap bila memeasan makanan restoran, masakan di rumah sendiri sama sekali bebas penyedap buatan. Rasa gurih sehatnya cukup hanya mengandalkan bahan alami, seperti rasa kaldu ayam, sapi atau ikan belaka. tanpa perlu menambahkan bumbu penyedap buatan.
Formalin
Kita juga mengenal bahan formalin. Selain digunakan buat pengawet mayat agar tidak lekas membusuk, formalin juga masuk ke indsutri makanan (rumahan). Bukan baru sekarang kita mendengar atau mungkin membaca kalau formalin juga masuk industri pembuatan tahu.

Agar awet tidak lekas rusak (basi), industri tahu (murah) juga memanfaatkan formalin, agar tidak sampai merugi. Tahu yang berformalin dijajakan di mana-mana. Padahal, formalin juga tidak menyehatkan.
Masalahnya, bagaimana mengontrol begitu banyak dan luasnya industri rumahan tahu di Indonesia? Formalin juga dimanfaatkan untuk proses pembuatan ikan asin. Penjualan ikan asin di suatu daerah, baru-baru ini diberitakan menurun akibat kedapatan pembuatannya memakai formalin agar lebih awet.
Selain formalin kita juga membaca atau mendengar pembuatan bakso mencampurkan bahan kimiawi boraks juga, selain beberapa jenis bahan kimiawi yang sudah terbukti membahayakan kesehatan, masih lolos tak terkontrol.
Betapa longgarnya kendali terhadap pemakaian bahan-bahan berbahaya karena memang tidak mudah rentang kendali untuk ribuan industri makanan dan minuman rumahan, termasuk jamu rumahan.
Minyak goreng bekas
Disinyalir, kebanyakan jajanan gorengan pinggir jalan juga menggunakan minyak goreng bekas, kalau minyak goreng yang sudah dioploas dengan minyak lain yang lebih murah. Minyak goreng oplosan ini yang diduga membahayakan kesehatan.

Kita sudah tahu kalau minyak goreng bekas (jelantah) bersifat karsinogenik juga. Restoran ayam goreng yang tidak memakai lagi minyak goreng habis pakainya, menjualnya ke penjual gorengan pinggir jalan.
Kalau dikonsumsi rutin untuk jangka waktu lama, tentu sama tidak sehatnya dengan bahan karsinogenik lainnya. Termasuk jika kita melakukannya juga di rumah sendiri.
Bab 6

PENUTUP

Setelah membaca seluruh makalah saya ini, penulis sangat mengharapkan pembaca mau mengambil komitmen untuk memulai reformasi kesehatan. Terutama, untuk dipraktekkan secara pribadi terlebih dahulu.
Alangkah baiknya bukan, kalau semua faktor penyakit maag tersebut dicegah. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Betapa tidak maksimalnya kita dapat menikmati hidup ini jika tubuh kita sakit. Jagalah kesehatan sebelum terlambat. Kesehatan adalah hal penting dalam hidup ini sebab, kesehatan merupakan sebagian dari iman !
Solusi :
·         Adakan reformasi kesehatan di sekolah. Seperti, menjual menu makanan yang sehat dan sedapat-dapatnya, mengurangi jumlah pasokan makanan tidak sehat, berupa makanan ringan, softdrink, dan sebagainya.
·         Pedagang kaki lima yang menjual makanan tidak sehat seperti bakso, dan sebagainya harus dijauhkan dari sekolah.
·         Adalah jauh lebih baik jika makan teratur, makan makanan yang sehat, menjaga pola hidup sesuai saran-saran yang ada dalam makalah ini, dan sebisa mungkin tidak mengonsumsi obat.







Daftar pustaka :

www.wikipedia.com
www.Dr. Rehan.com
http://techniquestips.com/makanan-sehat/maag-amannya-makan-apa-ya/
13 September 2009
Dr. Sukma Merati.com
www.sukmamerati.com/perut-kembung-rasa-sebah-mual-dan-sakit-ulu-hati-semua-itu-gejala-sakit-maag-bagaimana-agar-terbebas-dari-semua-gejala-itu?
Shinya, Hiromi. 2009.The Miracle Of Enzyme. Oklahoma : Council Oak Books.










Lampiran :

Angket
Jawab saja dengan jujur yaJ

1.       Apakah sekarang  kamu mengidap sakit maag ?
2.       Apakah yang kamu rasa saat maag mu kambuh ?
3.       Apakah kamu selalu makan teratur ?
4.       Apa saja menu makananmu setiap hari  ( paling sering makan apa sehari-harinya) ?
5.       Apa makanan yang paling sering kamu beli di sekolah ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengoperasikan MS Access

Riset Operasi (Operation Research)

Dampak Konsumerisme Gadget Di Kalangan Remaja (KIR)