Pola Hidup Sehat Mahasiswa


Kesehatan hal yang terpenting dalam kehidupan. Seiring berjalannya waktu tubuh manusia akan semakin hari semakin melemah dan akhirnya mengalami sakit. Oleh karena itu Anda dituntut  untuk mencegah penyakit itu atau setidaknya mengurangi resiko berpenyakit. Organ tubuh itu bersifat irreversible/tidak dapat kembali seperti normal sebelum terkena penyakit. Kehidupan mahasiswa mungkin disebabkan dengan berbagai macam kesibukkan, kesibukkan ini membuat seringkali Anda lupa akan diri Anda baik makan ataupun mengonsumsi nutrisi yang seimbang. Berikut merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap seimbang :
1.      Tetap terhidrasi
Jaga selalu tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan memasukan cairan dalam tubuh dengan jumlah yang cukup. Hal ini mungkin tampak jelas dan tidak sedikit orang yang mengetahui hal ini, tetapi banyak mahasiswa yang tidak mengindahkannya dan hanya minum sedikit air sepanjang hari. Usahakan untuk minum air putih  yang cukup minimal 8 gelas sehari. Ingatlah bahwa hal-hal seperti kopi dan soda yang sama-sama sebuah cairan, tetapi hal-hal tersebut dapat membuat Anda mengalami dehidrasi.
2.      Cari waktu untuk berolahraga
Walaupun aktivitas Anda padat, ada baiknya Anda bisa menyempatkan untuk berolahraga, minimal setengah jam setiap harinya. Dengan berolahraga, tubuh akan membakar kalori yang bisa membuat tubuh lebih segar dan benergi kembali. Jika Anda sedang mengikuti sebuah aktivitas atau organisasi yang padat jadwal, Anda bisa melakukan olahraga di kampus dengan cara yang bisa kamu ciptakan sendiri seperti lari-lari kecil mengelilingi kampus, atau melakukan sit up/push up. Sebisa mungkin menyempatkan untuk membakar kalori dalam seminggu. Setelah menjadi mahasiswa, biasanya Anda akan merasa malas untuk menggerakan badan Anda untuk olahraga. Padahal, kebanyakan kampus atau perguruan tinggi memberikan mahasiswa mereka akses gratis ke pusat kebugaran seperti tempat senam atau aerobik.  Anda dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan kampus tersebut dengan pergi ke tempat-tempat tersebut untuk membuat badan Anda sedikit berolahraga agar lebih sehat dan bugar.
3.      Jaga diri sendiri
Jika Anda sedang pilek atau flu atau merasa gejala-gejala hendak sakit, sebaiknya Anda tidak berangkat ke kampus. Tinggal di rumah atau dikos, email dosen kamu beritahukan bahwa Anda sakit dan beristirahat. Dengan beristirahat, Anda membantu tubuh kamu dalam mempertahankan diri dari penyakit yang menyerang. Jika tetap memaksa pergi ke kampus kamu bisa membuat diri kamu sendiri lebih sakit dan juga menyebarkan virus penyakit kepada orang lain.
4.      Selalu cek secara rutin kesehatanmu
Pemeriksaan fisik perlu dilakukan untuk mengecek kondisi tubuh Anda sebelum memasuki dunia perkuliahan yang pastinya akan lebih menyita waktu luang kamu. Lakukan general check up secara rutin agar bisa mengidentifikasi jika ada penyakit yang berbahaya bagi Anda.Sangat penting untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter umum maupun dokter gigi untuk memastikan bahwa tubuh dan gigi berada dalam kesehatan yang baik. Anda dapat mengambil keuntungan dari tempat kuliah Anda dengan menggunakan asuransi kesehatan yang diberikan oleh kampus ataupun asuransi orangtua. Jika Anda merasa sakit, tidak enak badan atau berpikir ada sesuatu yang salah dengan badan Anda. Anda sebaiknya segera pergi ke dokter, jangan menundanya  hanya karena Anda sedang sibuk. Luangkan waktu untuk memikirkan kesehatan Anda sehingga dapat kembali fokus pada kuliah.
5.      Hindari minum alkohol
Saat masuk ke dunia perkuliahan mungkin Anda akan diperkenalkan dengan minuman keras atau alkohol oleh teman-teman Anda, tolaklah dengan sopan tawaran tersebut.
6.      Naik sepeda atau berjalan
Mengemudi atau naik bus memang mudah, tetapi hal ini tidak membuat badan kamu banyak bergerak. Bersepeda atau berjalan memiliki manfaat lebih bagi kamu karena kamu bisa sekalian olahraga. Anda juga dapat berhemat dengan cara  ini.
7.      Usahakan membawa ransel yang tidak terlalu berat
Mengisi ransel dengan banyak buku, laptop dan segala perlengkapan kampus lainnya membuat ransel  yang kamu bawa tersebut terasa berat. Hal ini mungkin tidak tampak seperti masalah yang besar, tetapi membawa terlalu banyak buku dalam ransel dapat menjadi malapetaka bagi punggung dan bahu Anda. Cobalah untuk membawa ransel yang ringan ketika Anda berjalan di sekitar kampus.
8.      Tidur Cukup
Walaupun masa kuliah adalah masa yang akan menyita waktu Anda dengan berbagai kegiatan, tetapi kamu harus tetap mendapat waktu istirahat yang cukup. Jika Anda sedang dalam masa-masa sibuk menjelang ujian atau sedang mempersiapkan suatu kegiatan, Anda harus pintar mencari waktu untuk menyempatkan istirahat walaupun hanya 15-30 menit (power nap), karena dengan istirahat tubuh Anda akan me-recharge energi yang ada, jadi saat terbangun nanti, tubuh Anda akan seperti sedia kala. Jangan lupa juga untuk tidur sehari 7-8 jam pada malam harinya.
9.      Memilih makanan yang dikonsumsi
Rata-rata pola makan mahasiswa tidak teratur karena berbagai kesibukkan mereka bahkan memilih untuk makanan yang murah dan cepat saji. Makanan merupakan faktor utama yang menyebabkan Anda jatuh sakit ketika kuliah disamping faktor kelelahan. Kamu harus menjaga benar pola makan dan apa yang Anda makan. Kebanyakan mahasiswa akan terserang penyakit tifus, diare, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Hindari tempat makan yang sekiranya kurang higienis dan tidak meyakinkan, dan usahakan untuk tetap makan 3x sehari, minimal bisa membeli cemilan yang padat saat kamu sedang sibuk. Selain itu Anda harus menyeimbangkan nutrisi dengan multivitamin jika perlu.
10.  Hindari diet
Bagi kamu yang sedang dalam program diet atau akan melakukan diet, sebaiknya benar-benar diatur pola makan saat diet atau bahkan tidak sama sekali menjalaninya. Karena berdiet bisa menyiksa kamu disaat Anda sedang banyak kegiatan dan tubuh membutuhkan banyak asupan energi. Sebaiknya Anda benar-benar mengatur pola makan jika ingin benar-benar berdiet.
11.  Jangan lupa sarapan
Sarapan pada pagi hari merupakan saat makan paling penting dalam sehari. Dengan menyempatkan untuk sarapan pagi setiap harinya tubuh akan dapat berkonsentrasi dengan baik, lebih produktif, dan tidak mudah lemas karena kehabisan energi. Jadi, sepadat apapun aktivitas Anda, Anda harus tetap mengusahakan untuk sarapan pada pagi hari, karena itu merupakan salah satu hal juga untuk menjaga kondisi tubuh.


Sumber:
http://www.berkuliah.com/2014/09/10-tips-sederhana-menjaga-badan-tetap.html

http://www.muridoke.com/index.php/article/open/72/tips_untuk_tetap_sehat_dan_bugar_di_kampus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengoperasikan MS Access

Riset Operasi (Operation Research)

7 Makanan Khas Makassar yang Wajib dicoba