Tips Merawat Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Kena Sakit

Tubuh yang kita miliki merupakan aset terpenting karena jika salah satu bagian terganggu maka kita sulit untuk melakukan aktivitas, akibatnya pekerjaan tertunda sementara biaya yang keluar semakin banyak. Ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk  menjaga tubuh agar tetap fit:
1. Mengatur pola makan
            Mengatur pola makan adalah hal utama yang perlu diperhatikan karena ada sebuah pepatah mengatakan “Anda adalah apa yang Anda makan”. Apabila anda memberi asupan tubuh makanan yang mengandung lemak secara terus menerus, maka tubuh akan memiliki kadar lemak yang tinggi. Setidaknya 1 apel sehari akan mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Seimbangkan gizi makan tiap hari dan makan tepat pada waktunya.
2. Meluangkan waktu untuk berolahraga
            Olahraga seperti jogging bisa menjadi alternatif paling efektif melemaskan otot-otot tubuh karena hampir semua bagian tubuh bekerja. Selain itu jogging merupakan olahraga yang tidak mengeluarkan uang dan menurut penelitian dari Universitas Georgia di tahun 2008 bahwa orang yang rajin melakukan jogging akan mengalami peningkatan level energi hingga 65 persen. Olahraga juga mengurangi berat badan dan meningkatkan stamina sehingga meningkatkan produktivitas manusia.
3. Istirahat yang cukup
            Istirahat disamping menghilangkan rasa lelah seharian, istirahat pada malam hari berguna mengeluarkan toksin yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi, melancarkan pencernaan, dan peningkatan daya tahan tubuh. Istirahat yang cukup meningkatkan daya konsentrasi serta mempengaruhi hormon kecerdasan otak yaitu nonadrenalin dan serotonin (pengatur aktivitas sel-sel dan organ-organ dalam tubuh), ketika kedua hormon berkurang maka konsentrasi Anda juga akan menurun. Kedua hormon ini dipulihkan dengan tidur. Jika tidur Anda terganggu malah hanya akan memperburuk kemampuan otak.
4. Rekreasi
            Rekreasi, berkumpul bersama keluarga dan teman-teman Anda memberikan dampak kesehatan juga selain mempererat tali hubungan Anda. Tanpa Anda sadari anda akan lebih mampu menghadapi tantangan sehari-hari karena ketika melakukan rekreasi, mata kita melihat pemandangan-pemandangan baru dan barang-barang yang bisa meningkatkan kebahagiaan hati. Suatu penelitian dilakukan di departemen Psikologi Universitas Tel Aviv, dua ahli bernama Mina Westman dan Dove Eden memberitahu hasil penelitiannya pada 76 pegawai yang ditemukan adanya penurunan perasaan tertekan dan stress secara signifikan karena melakukan rekreasi pada saat liburan. Adanya rasa senang dan bahagia itu akan meningkatkan produktivitas kerja serta kualitas Anda dalam masyarakat.


Sekian tips dari saya semoga bermanfaat untuk mencapai hidup yang berkualitas dan bahagia senantiasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengoperasikan MS Access

Riset Operasi (Operation Research)

7 Makanan Khas Makassar yang Wajib dicoba