Keajaiban yang terdapat dalam lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya adalah varietas tanaman  lidah buaya dari kelas Aloe yang sudah melegenda dalam dunia pengobatan. Kata “vera” yang berarti benar dalam Bahasa Latin. Bersifat sebagai tanaman xeroid, lidah buaya cocok hidup di daerah kering. Dari 200 spesies, hanya 4 spesies lidah buaya yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Aloe barbadenis dari Barbados Amerika Tengah, merupakan jenis lidah buaya dengan kandungan terbaik dan dimanfaatkan pula untuk keperluan industry. Lidah buaya kemudian diolah menjadi obat dan perawatan rambut seperti tonik. Daging lidah buaya terdapat lebih dari 200 senyawa dan nutrisi alami yang secara bersamaan menghasilkan khasiat untuk mengobati. Kandungan mineral, vitamin, dan enzim dalam daging lidah buaya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin yang terdapat dalam lidah buaya antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, vitamin F, asam folik, kolin dan mineral-mineral yang penting untuk tubuh. Selain mengandung vitamin dan mineral, lidah buaya memiliki enzim dan asam amino.
Karakteristik lidah buaya
1. Lidah buaya mengandung aloin yang bersifat sebagai pencahar, bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.
2. Kandungan lignin di dalam gel lidah buaya mampu melindungi kulit dari dehidrasi dan menjaga kelembapannya. Lignin dimanfaatkan produsen kosmpetik untuk beragam produk perawatan kulit dan kecantikan
3. Kandungan antrakuinon lidah buaya memiliki efek menghilangkan rasa sakit dan rasa pusing.
4. Lidah buaya mampu meningkatkan fungsi jaringan termasuk pembentukan sel dan peremajaan jaringan baru.
5. Dalam pengobatan luka gores, gel lidah buaya efektif mengurangi bekas luka.
6. Gel lidah buaya paling manjur untuk mengatasi akibat sengatan matahari, penyembuhan luka bakar ringan maupun tahap lanjut.
7. Gel lidah buaya bisa langsung diolesksan pada luka gores, sobek, ringan, dan kulit yang teriritasi.
8. Lidah buaya aman digunakan langsung dari daunnya setelah dicuci bersih.
9. Gel lidah buaya bermanfaat menjaga keseimbangan asam perut dalam komposisi yang tepat, oleh karena itu lidah buaya bisa menjadi obat maag.
10. Kemampuan gel lidah buaya dalam peremajaan jaringan juga terjadi di dalam saluran pencernaan, membuat jaringan baru pada usus besar dan usus kecil serta jaringan dalam perut. Gel lidah buaya dengan mudah menstimulasi fibroblast untuk membuat jaringan yang baru. Fibriblast yang terstimulasi mampu membuat proteoglycan, kolagen, dan unsur-unsur lain untuk membentuk jaringan baru.
11. Memperbaiki sistem pencernaan dari gangguan asam lambung, jamur candida, colitis, dan susah BAB.
12. Berperan sebagai stimultan untuk memproduksi elastin dan kolagen yang penting dalam mencegah penuaan kulit.
Sifat gel lidah buaya
·         Antiseptik : pembersih alami dan mengobati luka dengan cepat
·         Antipuritik : penghilang rasa gatal
·         Anestetik : pereda rasa sakit
·         Anti-piretik : penurun rasa panas
·         Anti-jamur : kandungannya terdapat saponin
·         Anti inflamasi : berasal dari asam lemak, mengurangi radang dan rasa sakit, sekaligus mempercepat penyembuhan dan meningkatkan aliran darag pada bagian yang terluka.
Dengan uraian di atas, penulis mengajak Anda untuk dapat memanfaatkan tanaman lidah buaya sebagai pengobatan alternatif maupun untuk perawatan tubuh karena manfaat yang terdapat dalam lidah buaya sangat besar pengaruhnya jika dikonsumsi sehari-hari selain dari mudah dijangkau, Anda tidak perlu membeli produk-produk perawatan maupun obat-obat karena semua yang dibutuhkan manusia terkandung dalam alam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengoperasikan MS Access

Riset Operasi (Operation Research)

7 Makanan Khas Makassar yang Wajib dicoba