Komputer (CPU) atau Laptop

Perlu Anda ketahui untuk memilih computer (CPU) atau laptop harus disesuikan dengan kebutuhan walaupun budget juga tidak kalah pentingnya. Misalnya Anda seorang pekerja yang melalukakan berbagai aktivitas kerja di rumah, memilih computer (CPU) bisa menjadi pilihan yang tepat, tetapi berbeda dengan Anda yang lebih sering melakukan berbagai pekerjaan yang banyak berpindah tempat Anda harus menggunakan laptop. Sebelum melangkah lebih jauh Anda harus mengetahui perbedaan keduanya, yaitu:
·         Komputer
Komputer ada dua macam, yaitu komputer built up atau computer rakitan. Harga komputer rakitan lebih terjangkau dibandingkan built up (bermerk/paten) karena computer rakitan merupakan komputer rakitan sendiri oleh teknisi yang ahli dan sudah memiliki standar perakitan yang berlaku , dan biasanya kita dapat memilih sendiri spesifikasi yang diinginkan, bisa memilih komponen computer yang murah atau sebaliknya.
Kelebihan dari komputer dibandingkan laptop adalah kemudahan servis dan membersihkan komponen lebih mudah, mudah dimodifikasi/diupgrade, performa lebih kuat dan tahan panas dapat digunakan 24 jam non stop, keyboardnya lebih lengkap dan mudah diperbaiki jika rusak.
Kekurangan penggunaan komputer adalah daya listrik yang digunakan cukup besar, susah dibawa kemana-mana, tidak praktis karena harus menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lainnya sebelum komputer dapat digunakan seperti mouse, keyboard, monitor, dll.

·         Laptop
Laptop memiliki keunggulan karena sifatnya yang mudah dibawa kemana-mana dan ringan. Laptop sangat mudah digunakan karena segala peralatannya sudah diraki dalam satu perangkat yang kecil sehingga untuk menggunakannya Anda cukup menekan tombol power. Daya listrik yang digunakan tidak terlalu besar, minim bad sector karena adanya baterai laptop namun laptop juga memiliki kekurangan seperti susah diupgrade karena membuka casingnya lebih rumit dibandingkan komputer, maintenance hardware dan pembersihan komponennya rumit, processor laptop sedikit lebih kecil dan sirkulasi udaranya juga kecil sehingga performanya berkurang dan tidak dapat digunakan berlama-lama, keyboardnya tidak selengkap komputer dan jika rusak harus membongkar casing keseluruhan dari laptop.

Dari penjelasan diatas saya mengharapkan Anda dapat memilih PC (Personal Computer) sesuai kebutuhan Anda tidak berdasarkan dengan harganya saja. Semoga bermanfaat
Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengoperasikan MS Access

Riset Operasi (Operation Research)

7 Makanan Khas Makassar yang Wajib dicoba