Cara Mengoperasikan MS Access
Langkah pertama adalah membuka program dengan klik “Start” lalu
membuka program “Microsoft Access”.
Untuk membuat dokumen baru pilih “Blank Desktop Database”, akan
muncul tampilan seperti gambar dibawah lalu sesuaikan judul database yang akan
dibuat, lalu pilih “Create”.
Langkah selanjutnya adalah mengatur data pada MS Access. Cara
untuk memformat dan berinteraksi dengan data di Access adalah :
·
Tabel, dengan
mengimpor data dari Excel dan program pengolah data lainnya untuk proses lebih
mudah.
·
Form, menambah
data pada basis data anda. Meskipun anda dapat menambah data ke basis data
langsung pada tabel, penggunaan form akan mempercepat pemasukan data secara
visual.
·
Laporan, berguna
untuk merangkum dan menampilkan data dari basis data anda. Digunakan untuk
menganalisis data dan menjawab pertanyaan tertentu, seperti berapa banyak
keuntungan yang dihasilkan/dimana kebanyakan pelanggan berada.
·
Query, menerima
dan memilah data. Untuk menampilkan entri tertentu dari berbagai table, serta
menggunakan Query untuk menambah dan memperbaharui data.
Menambahkan
data baru ke basis data
Jika anda ingin memulai dari basis data kosong, pada taskbar atas
pilih menu “Table” pada Table Tools lalu pilih “Table Properties”. Mulai dengan
memasukkan data di tabel, baik secara manual atau menyalin dari sumber lain.
·
Setiap bagian data harus disimpan dalam
kolom/field tersendiri, sementara data harus ditempatkan dalam barisnya
masing-masing. Misalnya field berisikan informasi berbeda tentang konsumen
tersebut.
·
Anda juga bisa memberi nama label kolom untuk
memudahkan anda mengetahui nama setiap field. Klik dua kali kepala setiap kolom
untuk mengganti namanya.
Berikut
langkah untuk mengimpor data dari sumber lain
Mengimpor data berguna untuk menerima data dari server web atau
sumber terbagi lainnya.
·
Klik tab External Data, Pilih jenis berkas
yang ingin diimpor. Anda bias memilih Excel untuk mengimport data dari Excel
atau juga Access, XML, dll. Anda bias mengklik “More” untuk yang lainnya.
Adapun pilihan ODBC (Open Database Connectivity) dan termasuk basis data
seperti SQL. Jika data tersebut terdapat di server anda perlu memasukkan alamat
server.
·
Pada jendela selanjutnya, pilih “Specify how
and where you want to store the data in the current database”. Pilih OK.
·
Untuk menambah tabel lainnya. Pada bagian
“Create” di tab home, klik tombol “Table”. Tabel baru akan muncul pada basis
data anda. Anda bias memasukkan informasi dengan cara yang sama seperti tabel
pertama.
Mengatur
hubungan antar tabel
Pada awalnya Access membuat kolom ID yang jumlahnya naik pada
setiap entry. Kolom ini akan bertindak sebagai “primary key”. Tabel juga bias
memiliki “foreign key”, yaitu field yang ditautkan dari tabel lain pada basis
data. Field yang ditautkan akan memiliki basis data yang sama. Dengan
menggunankan hubungan antar tabel akan membantu konsistensi, efisiensi, dan
kemudahan akses data.
Klik tab Database Tools, klik “Relationships”.
Akan muncul jendela seperti diatas. Berfungsi untuk membuka
pratinjau seluruh tabel pada basis data. Setiap field akan ditampilkan di bawah
nama setiap tabel. Sebelumnya anda harus mengatur “Foreign Key” sebelum membuat
hubungan. Tarik field yang ingin anda gunakan sebagai foreign key ke field yang
anda buat untuk foreign key. Klik Create pada jendela yang muncul untuk
mengatur hubungan antar field. Sebuah garis akan muncul di antara kedua tabel
yang menghubungkan kedua field.
·
Centang kotak cek “Enforce Referential
Integrity” jika ingin membuat hubungan, artinya jika data diubah satu field
maka data yang lainnya akan berubah. Hal ini yang membuat data lebih akurat.
Membuat
Query
Query adalah aksi yang memungkinkan anda melihat, menambah, dan
menyunting data pada basis data dengan cepat. Jenis query juga bermacam-macam
yaitu pencarian sederhana sampai pembuatan tabel baru berdasarkan data yang
sudah ada. Query juga sangat penting dalam pembuatan laporan.
·
Query terbagi atas dua jenis utama: Select
and Action. Query pertama yaitu dengan menarik data dari tabel dan dapat
menghitungnya, sementara yang kedua dapat menambah, menyunting, serta menghapus
data dari tabel.
·
Query Wizard untuk Query select dasar. Bisa
diakses dari tab create lalu pilih “Query Wizard”. Memungkinkan anda
menampilkan field tertentu dari sebuah tabel.
·
Query Design. Pilih menu “Query Design” pada
tab Create. Lalu pilih tabel yang anda inginkan.
Tambahkan field yang akan
ditarik datanya. Klik dua kali tiap field ada tabel yang ingin ditambahkan pada
Query. Maka akan ditambahkan di daftar Design.
Tambahkan
kriteria. Anda bisa menambahkan kriteria seperti teks atau fungsi. Lalu klik
“Run” untuk melihat hasil.
Komentar
Posting Komentar