Ringkasan Bab 2 “Wawasan Nusantara”


Wawasan Nasional merupakan perspektif bangsa tentang diri dan lingkungan dalam eksistensi yang serba terhubung serta pembangunan di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungan. Wawasan nasional dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dianut oleh negara yang bersangkutan.

Wawasan Nasional Indonesia
a. Paham kekuasaan Indonesia, Bangsa Indonesia yang berfalsafah dan berideologi
Pancasila menganut paham tentang perang dan damai.

b. Geopolitik Indonesia, Indonesia menganut paham negara kepulauan berdasar ARCHIPELAGO CONCEPT yaitu laut sebagai penghubung daratan sehingga wilayah negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai Tanah Air dan ini disebut negara kepulauan.

c. Dasar pemikiran wawasan nasional Indonesia, Bangsa Indonesia dalam menentukan wawasan nasional mengembangkan dari kondisi nyata yaitu pemahaman kekuasan dari bangsa Indonesia yang terdiri dari latar belakang sosial budaya dan kesejarahan Indonesia.

Latar belakangan filosofi sebagai ideologi Indonesia ditinjau berdasarkan falsafah Pancasila yaitu mewujudkan persatuan dan kesatuan dengan tidak menghilangkan jati diri dari kebhinekaan unsur-unsur pembentuk bangsa. Berdasarkan aspek kewilayahan, wilayah perairan Indonesia terbagi atas zona laut teritorial, zona landas kontinen, dan zona ekonomi eksklusif dan untuk wilayah Indonesia secara vertikal dalam pemanfaatan Geo Stationery Orbit (GSO) yaitu menganut pemahaman bahwa setiap negara memiliki kedaulatan yang lengkap dan eksklusif terhadap ruang udara di atas wilayahnya, dan tidak dikenal adanya hak lintas damai. Berdasarkan aspek sosial budaya, karena Indonesia terdapat beragam budaya maka diharuskan untuk melakukan proses sosial yang akomodatif yaitu mengharuskan setiap kelompok masyarakat budaya untuk saling membuka diri, memahami eksistensi budaya masing-masing serta mau menerima dan memberi demi menjaga persatuan nasional. Berdasarkan aspek kesejahteraan, Indonesia mempunyai pengalaman sejarah yang menginginkan tidak terulangnya lagi perpecahan dalam lingkungan untuk mewujudkan cita-cita nasional sebagai hasil kesepakatan bersama agar bangsa Indonesia setara dengan bangsa lain.

Unsur-unsur Wawasan Nusantara
1.      Wadah, yaitu organisasi kenegaraan sebagai wadah dalam wujud supra struktur politik dan wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah berbagai kelembagaan dalam wujud infra struktur politik.
2.      Isi, yaitu aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.
3.      Tata laku, yaitu hasil interaksi antara wadah dan isi wawasan nusantara yang terdiri dari tata laku batiniah (mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia, dan tata laku lahiriah (tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari bangsa Indonesia). Keduanya mencerminkan identitas jati diri diri/kepribadian bangsa berdasarkan rasa nasionalisme yang tinggi.

·         Hakekat Wawasan Nusantara adalah keutuhan nasional dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara dan demi kepentingan nasional.
·         Asas wawasan nusantara merupakan ketentuan-ketentuan dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara dan diciptakan agar terwujud demi tetap taat dan setianya komponen/unsur pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama. Asas wasantara terdiri dari kepentingan, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerjasama, solidaritas, kesetiaan terhadap kesepakatan.
·         Kedudukan wawasan nusantara, sebagai pedoman, motivasim dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan, baik bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.

·         Implementasi Wawasan Nusantara, harus tercermin pada pola pikir, pola sikap dan pola tindakan yang senantiasa mendahulukan kepentingan negara.






Sumber : http://gatot_sby.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17767/draft-4.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengoperasikan MS Access

Riset Operasi (Operation Research)

7 Makanan Khas Makassar yang Wajib dicoba